Resep Homemade Sambal Bangkok a la Ngemil Sore


Jika anda pecinta pedas mungkin resep sambal bangkok ini cocok untuk anda. Selain terasa pedas, sambal ini juga memiliki rasa asam dari puree tomat dan air perasan jeruk nipis. Nah, kalau sedang tidak ada puree tomat tentu bisa menggantinya dengan saus tomat botolan.

Jika menurut anda jumlah cabai rawit yang saya gunakan masih terlalu sedikit maka tambahkan sampai sesuai dengan keinginan. Kemudian bagi anda yang tidak terlalu menyukai pedas, cukup gunakan cabai keritingnya saja. Untuk membuatnya kental, saya menggunakan tepung maizena yang dilarutkan dengan beberapa sendok air. Sedikit saran, saat menuang larutan ini sebaiknya sedikit demi sedikit sampai kekentalan yang diinginkan, agar saus yang dihasilkan tidak terlalu kental dan berasa tepung.

Saus ini bisa digunakan sebagai cocolan atau bumbu dalam tumisan dan masakan lainnya yang anda suka. Jika ingin disimpan dalam jangka waktu lama, sebaiknya masukkan kedalam plastik atau wadah khusus freezer, masukan kedalam freezer kulkas dan bisa tahan sampai 1 bulan lamanya. Nah jika disimpan di chiller kulkas, maka hanya dapat bertahan 2 - 3 hari saja.

Oke, berikut resep homemade sambal bangkok dengan step by step dilengkapi foto.


Homemade Sambal Bangkok

Untuk 100 ml sambal

Bahan dan bumbu :
- 2 sendok makan minyak goreng
- 3 sendok makan puree tomat
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 2 sendok teh air jeruk nipis
- 100 ml air
- 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 2 sendok makan air

Bumbu dihaluskan :
- 3 siung bawang putih
- 5 buah cabai rawit merah
- 5 buah cabai merah keriting

Cara membuat :


Haluskan bawang putih, cabai rawit merah dan cabai merah keriting hingga setengah halus. Saya menggunakan ulekan untuk menghaluskannya.


 Siapkan pan atau wajan, tuang minyak dengan api sedang tumis bumbu halus hingga harum dan sedikit mengering.


Masukka puree tomat.


Masak hingga mengental dan sedikit kering.


Tuang air. Tambahkan gula dan garam. Masak sambil diaduk hingga air menyusut.


Tuang larutan tepung maizena sedikit demi sedikit, masak sambil diaduk hingga mendidih dan kental. Jika masih terlalu encer, tambahkan kembali larutan tepung maizena hingga sesuai dengan kekentalan yang diinginkan. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Matikan api, tambahkan air jeruk nipis kemudian aduk rata.



Tuang kedalam mangkuk dan sambal bangkok siap untuk disajikan.
loading...

0 Response to "Resep Homemade Sambal Bangkok a la Ngemil Sore"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code