Resep Homemade Saus BBQ, cocok untuk marinasi daging


Ada kepuasan tersendiri ketika saya berhasil membuat sesuatu dalam versi homemade. Yang paling utama tentu puas dapat berhemat, menjaga dompet tetap selalu tebal yang tiba-tiba terkadang menjadi tipis setipis kertas HVS. Kepuasan lainnya yakni hati yang tentram, tanpa perlu khawatir akan bahan-bahan tidak masuk akal yang ditambahkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab di luar sana. Hasilnya kesehatan pun lebih terjaga dengan makanan buatan sendiri. Meskipun terkadang masakan saya sering keasinan tapi tetap dapat kata "enak kok" dengan terpaksa tentunya. Soal rasa, saya akan tetap berusaha agar sesuai dan pas dengan masakan ala-ala restoran.



Sekarang kita bahas saus BBQ. BBQ merupakan kependekan dari kata barbeque atau barbecue, merupakan metode mengolah daging dengan memanaskan daging pada alat panggang dengan media bara api, arang, atau charcoal (sejenis batu yang diperuntukkan bagi kegiatan BBQ). Pengertian BBQ juga digunakan secara spesifik untuk jenis produk saus rendam (marinade) daging sebelum proses pemanggangan, dan juga suatu pesta yang mana terdapat aktivitas ber-BBQ.


Lihat juga resep saus lainnya :

Aktivitas BBQ biasanya dilakukan di luar ruangan (outdoor), contohnya di taman atau kebun, menggunakan kayu bakar atau arang. Sedangkan di restoran, BBQ biasanya dilakukan menggunakan oven metal yang didesain khusus untuk proses BBQ.


Di sejumlah negara, terdapat beberapa variasi terkait dengan proses BBQ. Di Amerika Selatan, pengertian BBQ adalah proses pengolahan dengan pemanasan tidak langsung karena adanya media arang atau charcoal dan terdapat jarak antara daging yang dipanaskan dengan sumber panas. Pemanasan dengan metode ini akan memecah jaringan ikat kolagen pada serabut daging yang membuatnya mudah dikunyah. Sedangkan proses pengolahan dengan pemanasan langsung dan tingkat panas yang tinggi disebut grill. Ada tiga tahapan utama dalam melakukan aktivitas BBQ, yaitu persiapan bahan dan peralatan, proses BBQ, dan penyajian. Persiapan bahan mulai dari pemilihan daging yang akan digunakan, persiapan bumbu, dan persiapan alat BBQ.


Nah, sekarang kita menuju resep saus BBQ ini. Resep saus ini adalah versi bahan lebih simpel. Bahan-bahannya pasti mudah didapat dan mungkin sering anda beli. Prosesnya sangat mudah. Hanya menumis bawang bombay dan bawang putih, tambahkan bumbu yang diaduk dalam mangkuk, dan setengah porsi air. Setelah itu baru dituang ke blender dan tambahkan sisa air. Kemudian saus di blender hingga bawang bombay pada saus halus. Lantas saus dimasak kembali hingga kental. Saus ini terasa manis. Cocok untuk bumbu perendam bahan-bahan yang akan anda panggang. Misalnya untuk membumbui daging pada resep pizza dengan toping BBQ daging. Klik disini untuk melihat resepnya. Atau ingin makanan kekinian? Bisa juga untuk membumbui cilok dan jadilah cilok BBQ. Resepnya akan saya posting segera.

Berikut resep homemade saus BBQ dengan step by step dilengkapi foto!


Homemade Saus BBQ

Bahan :
- 3 sendok makan minyak
- 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 8 sendok makan saus tomat
- 4 sendok makan kecap manis
- 2 sendok makan cuka
- 3 sendok makan gula jawa
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 1/2 sendok teh garam
- 100 ml air

Cara membuat :


Siapkan mangkuk. Masukkan saus tomat, kecap manis, cuka, gula jawa, gula pasir, merica bubuk, dan garam. Aduk hingga tercampur rata.

Siapkan pan anti lengket, tuang minyak dan panaskan. Tumis bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan bawang putih, tumis hingga harum.



Masukkan bahan yang diaduk dalam mangkuk. Masak hingga meletup-letup. Tuang air dan masak hingga mendidih. Masak saus hingga mengental. Angkat dan dinginkan. Saus siap digunakan untuk bumbu marinasi atau olesan.

Catatan : jika menginginkan saus yang lembut, setelah dingin masukkan saus ke blender. Kemudian blender hingga halus. Tuang kembali ke pan dan masak beberapa saat. Setelah dingin saus siap digunakan.
loading...

0 Response to "Resep Homemade Saus BBQ, cocok untuk marinasi daging"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code